Wisata Alam Gunung Merapi Yogyakarta

Wisata Alam Gunung Merapi Yogyakarta 

Wisata Alam Gunung Merapi Yogyakarta terbentuk karena aktivitas di zina subduksi Lempeng Indo – Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa. Untuk ukuran gunung sebagai sebuah objek pendakian, Gunung Merapi sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tinggi gunung ini bahkan tidak genap 3.000 mdpl. Jalur pendakiannya pun juga tidak terlalu panjang meskipun memang cukup curam.

Gunung bertipe strato dengan kubah lava ini terkenal dengan guguran lava yang masih sering terjadi. Keindahan guguran lava tersebut dapat disaksikan dari kota Yogyakarta dengan mata telanjang karena lava tampak menyala terang, terlebih bila terjadi pada waktu malam hari. Namun bila menginginkan, pengunjung dapat melihat lebih dekat dari beberapa pos pengamatan dengan menghubungi petugas terlebih dahulu, seperti misalnya dari Pos Pengamatan Kaliurang (dua pos), Pos Pengamatan Babadan, Krinjing, Jrakah, dan Selo.

Wisata Gunung Merapi dikembangkan dalam berbagai bentuk; misalnya Kawasan Wisata Kaliurang, Kaliadem, Kalikuning, Merapi Golf, Hutan Wisata Turgo-Plawangan, dan Pendakian Alam Gunung Merapi. Pengelolaan bentuk dan tempat wisata tersebut ditangani secara memadai dengan penyediaan berbagai macam fasilitas penginapan dan tempat makan di sekitar lokasi obyek wisata.

Wisata Alam Gunung Merapi Yogyakarta

Pemandangan alam yang dimiliki Gunung Merapi sebenarnya tidak terlalu istimewa. Sejak melangkahkan kaki dari New Selo (titik awal pendakian), kita hanya akan disuguhi pemandangan perkebunan penduduk setempat yang sebenarnya sudah jamak kita temui di bawah. Gunung ini tak punya pemandangan padang rumput yang cantik seperti tentangganya, Merbabu. Bunga edelweis? Sama sekali tidak ada. Setelah melewati area vegetasi, kita akan disambut oleh batu-batu di sepanjang jalur pendakian yang notabene merupakan material vulkanik. Namun, ada satu spot menarik yang tidak dimiliki oleh gunung-gunung lain yakni sebuah tanah lapang yang dipenuhi oleh batu-batu vulkanik dengan berbagai ukuran. Tempat ini dikenal dengan nama Pasar Bubrah. Lokasi tempat ini persis berada di bawah puncak dan sekaligus menjadi lokasi favorite para pendaki untuk mendirikan tenda.

Wisata Alam Gunung Merapi Yogyakarta berada di wilayah Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Akses nya sangat mudah karena sejajar secara vertikal antara Parangkusumo, Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Anda wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewa untuk menuju Gunung Merapi.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *